Perycantiq

Novel ketika cinta bertasbih

Novel ketika cinta bertasbih

KCB menceritakan tentang Azzam mahasiswa Al-Azhar Cairo yang menyambi sebagai pedagang bakso dan tempe untuk menghidupi ibu dan adik-adiknya di Kartasura. Azzam sangat rajin bekerja, memasarkan tempe-tempenya ke kalangan ibu-ibu Indonesia yang tinggal di Mesir. Dia juga menerima pesanan bakso untuk acara-acara yang diselenggarakan oleh KBRI. Karena seluruh
waktunya lebih banyak dia gunakan untuk membuat tempe dan berjualan bakso, maka kuliahnya agak terlantar. Sehingga sudah 9 tahun dia mengambil S1 di Al-Azhar tapi belum lulus juga. Sebenarnya Azzam adalah anak yang cerdas terbukti pada tahun pertama di Al-Azhar dia lulus dengan predikat jayyid jidan atau sangat memuaskan.

Awalnya Azzam menaruh hati kepada Eliana, putri dari Duta Besar RI yang ada di Mesir. Eliana adalah sosok wanita cerdas lulusan dari Prancis. Kecerdasan, wajahnya yang cantik dan penampilannya yang modis seringkali mengundang perhatian banyak orang. Bahkan Eliana juga telah ditawari oleh salah satu TV Indonesia untuk bermain Sinetron. Kekaguman Azzam pada Eliana berhenti sampai situ saja, karena ternyata Eliana adalah sosok wanita yang dari segi agama tidak memenuhi kriterianya. Pergaulan bebasnya selama berkuliah di Prancis membuat Eliana seolah tak merasa bersalah ketika dia berniat memberikan sebuah hadian berupa French kiss atau ciuman ala Prancis kepada Azzam. Hadiah itu dia maksudkan sebagai tanda terimakasih karena Azzam telah membantunya membuat ikan bakar sebagai suguhan untuk jamuan tamu bapaknya. Kontan Azam menolak hadiah tersebut. Sejak saat itu Eliana telah dia hapus dari hatinya.

Berdasarkan informasi dari Pak Ali, sopir KBRI. Ada seorang wanita sholehah nan cerdas yang sedang mengambil S2 nya di Al-Azhar Mesir. S1 nya di Alexandria. Selain Sholehah, kabarnya wanita itu juga sangat cantik. Namanya Anna Alfathunnisa. Bermodal keberanian dan nekad Azzam berniat untuk melamar gadis tersebut. Dia pun meminta tolong kepada Ustad Mujab untuk melamarkannya. Namun, tak disangka-sangka ternyata Ustad Mujab menyuruh Azzam untuk mundur. Secara halus beliau mengatakan bahwa Azzam bukanlah tipe laki-laki pilihan Anna (karena Azzam hanyalah penjual bakso dan tempe). Dan ternyata Anna sudah dilamar oleh orang lain, yang tak lain adalah sahabat Azzam sendiri. Furqon namanya. Sejak penolakannya itu, Azzam bertekad kuat untuk tidak memikirkan pernikahan dulu. Dia berusaha lebih keras lagi dalam bisnis bakso dan tempenya. Seluruh penghasilannya dia kirimkan ke rumahnya untuk membiayai kuliah adik-adiknya di Solo. Azzam adalah seorang enterprenur yang tekun dan telaten serta bersunguh-sungguh dalam menjalankan usahanya.

Beberapa alur cerita tambahan juga mengalir menceritakan tentang permasalahan teman-teman serumah Azam . Azam adalah kepala rumah tangga dalam rumah tersebut. Karena dialah yang paling tua diantara teman-teman lainnya. Sebuah tragedy terjadi di rumah mereka, ketika salah seorang teman Azam membawa orang Mesir asli yang ternyata adalah tersangka buronan, yang tadinya berniat akan menginap di rumah mereka. Akibat tragedy itu, teman sekamar Azam yaitu Fadhil sempat pingsan dan dilarikan ke rumah sakit.
Pada akhir cerita dari Novel Dwilogi KCB I ini, diceritakan bahwa Azzam akhirnya berhasil lulus dari Al-Azhar setelah mendapatkan suntikan semangat dari adik-adiknya di Solo. Setelah lulus dia berniat pulang ke Indonesia, tak disangka-sangka ketika dia pulang , ternyata dia sepesawat dengan Eliana dan Eliana mengajaknya duduk bersebelahan dengannya. Akankah Azzam kembali jatuh hati kepada Eliana? (Kita tunggu kelanjutan kisah ini di KCB 2)

Dalam Novel ini , ada dua alur cerita utama, selain tentang Azam, satu lagi adalah tentang Furqon. Furqon adalah sahabat Azam , Dulu mereka berangkat ke Mesir bersama-sama. Tapi nasib mereka berbeda. Kalau Azam adalah yatim dan miskin, sementara Furqon tajir. Saat-saat dia akan sidang thesis S2 nya di al-Azhar, cobaan berat menimpanya. Dia menjadi korban kebengisan oknum Israel. Dia diperdaya oleh seorang bernama Miss Italiana. Foto porno dia dengan seorang wanita beredar luas di internet. Furqon telah dijebak. Tak mungkin jika Furqon melakukan perbuatan bejat itu karena Furqon adalah mahasiswa alim yang juga mantan ketua PPMI. Padahal sebelumnya Furqon telah melamar Anna Alfathunnisa. Saat lamarannya diterima, tragedi itu terjadi, dia terkena vonis mengidap AIDS. Hidupnya hancur, bagaimana bisa dia yang tidak pernah melakukan hal-hal yang menyimpang dari agama, tapi bisa terkena AIDS? (Temukan jawabannya di KCB, silahkan beli atau pinjem D)

Pesan : penting nya berikhtiar dengan berusaha keras..pentingnya menjaga   kesucian diri…  prestasi tidak hanya berupa prestasi akademik, membuat orang lain sukses dengan usaha kita adalah suatu bentuk prestasi yang lebih baik :p

10 Comments »

  1. Assalamualaikum..

    ana suka sangat baca cerita ni. memang best. ana minat sangat dengan karekter yang ada dalam KCB. by the way.. keep it up..

    Assalamualaikum

    Comment by Qurratunnur — January,2010 @ '9:49:a'

  2. assalamualaikum
    ana senang banget dengan karakter kak Azzam dalam cerita nya
    ana kepengin jadi seperti kak Azzam entah bisa atau gak

    Comment by zahri — April,2010 @ '9:49:a'

  3. Walau konitah calon istri azam yang kedua yang dijodohkan mertuanya, mestinya keduanya tidak saling bertemu apalagi sering makan bersama azam dan ana. ini bagimana dari segai syariatnya apa boleh ketemu terus

    Comment by fahmi ali — September,2010 @ '9:49:a'

  4. Owc gitu yach??? N yg mw knl ama aq call/ ke no. 082344949868

    Comment by Karmila — March,2013 @ '9:49:a'

  5. Owc gitu yach??? N yg mw knl ama aq call/zmz aja ke no. 082344949868,,

    Comment by Karmila — March,2013 @ '9:49:a'

  6. Assalamualaikum
    ana sngat menyukai novelnya walaupun 24 jam thu 5 kali baca ana tdk mrasa bosan krn ceritanya thu sngat menarik
    by siti on
    March.02-04-2013

    Comment by By siti — April,2013 @ '9:49:a'

  7. terharu..pengen liat flimnya lagi.

    Comment by uswatun khasanah — April,2013 @ '9:49:a'

  8. Adakah cinta seperti itu tp zaman sekarang begt brbeda,zaman skrng adlah zaman dkt dgn kehancuran,

    Comment by Bella belita afrel al-razqia — July,2013 @ '9:49:a'

  9. Sy suka dgn ceritanya. Apalgi ketika Azzam disuruh mnggantikan KH Lutfi menguraikan isi kitab AlHikam. Sya tertarik dgn isi kitab Alhikam.

    Comment by Ridlwan — September,2013 @ '9:49:a'

  10. Cinta bertasbih
    Sangaat lah mendidik..
    Bagi para” remaja n dewasa aq pngen mncontoh azam yg sangat pkerja keras

    Comment by setya bagus — March,2014 @ '9:49:a'


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Banana Smoothie Theme. Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: