Perycantiq

March,2008

Tentang Film Ayat-ayat Cinta..

Filed under: AAC — perycantiq @ '9:49:a'

Sebenarnya udah sejak bulan Desember film ini mau dirilis, tapi entah masalah apa yang terjadi sampai akhirnya nih film baru keluar di akhir bulan Februari 2008. Promosinya juga lumayan banyak kita lihat di billboard-billboard, yang bikin kita jadi tambah penasaran sama film produksi MD Pictures yang satu ini, apalagi kalo bukan adanya si Rianti mantan VJ MTV. So pasti bikin tambah geregetan aja menunggunya.

Tapi gimanapun, memang film garapan Hanung Bramantyo ini wajib kita tonton, apalagi buat yang udah baca novelnya. Film Ayat Ayat Cinta ini ceritanya diangkat dari novel karya Habiburrachman El Shira yang menceritakan tentang sebuah perjalanan hidup seorang mahasiswa Indonesia bernama Fahri (Fedi Nuril) yang sedang mengambil gelar masternya di Universitas Al Azhar, Cairo, Mesir.

Dalam kisahnya tersebut, Fahri terkenal sangat aktif di organisasi kampus tempat ia belajar. Saking sibuknya, ia sampai lupa akan kewajibannya untuk menikah. Padahal tidak sedikit wanita yang dekat dalam kehidupan Fahri yang sangat mendambakan untuk dinikahi. Seperti Maria Girgis (Carissa Putri), tetangga satu flat yang kebetulan beragama Kristen tapi sangat mengagumi Al Quran dan Fahri, kekagumannya itu lama-lama berubah menjadi rasa cinta terhadap Fahri. Di kampus, ada Nurul (Melani Putria) yang juga menaruh hati terhadap Fahri. Berikutnya adalah Noura (Zaskia Adya Mecca), tetangga Fahri yang sering disiksa oleh Ayah angkatnya. Fahri pun merasa tergugah untuk menolong Noura, tapi itu hanya sebatas menolong saja tidak lebih, padahal Noura mengharapkan lebih dari sekedar pertolongan Fahri, tapi juga cintanya.

Di saat Fahri sedang bimbang hadirlah seorang muslimah bernama Aisha (Rianti Cartwright), seorang gadis yang memiliki hati dan mata yang indah. Fahri pun terbius dengan kecantikan hati Aisha, begitu juga dengan Aisha yang jatuh hati terhadap Fahri. Permasalahan pun muncul ketika Noura menuduh Fahri telah memperkosanya.

Selama ini kita dimanja dengan kisah cinta saja, tanpa memperhatikan sisi religinya. Tapi Ayat Ayat Cinta memberikan sebuah sentuhan yang berbeda, kisah cinta yang dibungkus indah dengan ajaran agama yang tidak menggurui.

Konflik-konflik yang terjadi dalam film ini, kadang memaksa kita untuk meneteskan air mata. Kalo dari sisi pengambilan gambar, film Ayat Ayat Cinta bisa dibilang lumayan lah. Warna yang dominan kuning, warna khas padang pasir akan menghiasi film yang berdurasi 120 menit ini.

Tapi sayang, ada detil yang sedikit terlupakan, yaitu terlihatnya boom (mikrofon untuk merekam suara) tiba-tiba saja terlihat dalam adegan di mana Surya Saputra sedang berbicara dengan Rianti. Pesan Gue sih, kalo menonton film ini, jangan lupa bawa tissu, sedih banget soalnya. (AF)

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: